Asuhan Keperawatan Hipertensi / Darah Tinggi


Asuhan keperawatan pada penderita hipertensi ( askep hipertensi ) merupakan panduan sederhana yang dapat digunakan oleh perawat atau paramedis dalam mengambil tindakan terhadap kondisi pasien.

A. Pendahuluan 
 
Hipertensi
 merupakan penyakit yang makin banyak dijumpai di Indonesia, terutama di kota besar. Di negara industri, hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan utama. Di Indonesia hipertensi juga merupakan masalah kesehatan yang sangat perlu diperhatikan oleh dokter, perawat, serta tim kesehatan lainnya yang berkeja pada pelayanan kesehatan primer, karena angka prevalensinya yang tinggi akibat jangka panjang yang ditimbulkannya.

Berdasarkan penyebabnya hipertensi dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer meliputi lebih kurang 90% dari seluruh pasien hipertensi dan 10% lainnya disebabkan oleh hipertensi sekunder. Hanya 50% dari golongan hipertensi sekunder dapat diketahui penyebabnya dan dari golongan ini hanya beberapa persen yang dapat diperbaiki kelainannya. Oleh karena itu upaya penanggulangan hipertensi terhadap hipertensi primer baik mengenai patogenesis maupun tentang pengobatannya.

Hipertensi tidak boleh dianggap penyakit yang ringan karena jika terlambat memberikan pertolongan penyakit ini akan merenggut nyawa penderita. (Prof. Tjokronegoro, Arjatma, 2001)

B. Pembahasan 
 
1. Pengertian

Hipertensi adalah peningkatan tekanan pada systole, yang tingginya tergantung umur individu yang terkena. Tekanan darah berfluktuasi dalam batas – batas tertentu, tergantung pada posisi tubuh, umur dan tingkat stress. Hipertensi juga dapat digolongkan sebagai ringan, sedang atau berat, berdasarkan diastole. Hipertensi ringan apabila tekanan diastole 95 – 104 mmHg, hipertensi sedang apabila tekanan diastole 105 – 114 mmHg, hipertensi berat apabila tekanan diastole > 115 mmHg.

Menurut WHO (1978) batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah 140/90 mmHg dan tekanan darah sama dengan atau di atas 160/95 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi. Hipertensi adalah peningkatan tekana darah di atas normal yaitu bila tekanan sistolik (atas) 140 mmHg atau lebih dan tekanan diastolic (bawah) 90 mmHg atau lebih.


2. Patofisiologi

Meningkatnya tekanan darah di dalam saluran arteri bisa terjadi melalui beberapa cara, yaitu : jantung memompa lebih kuat sehingga mengalirkan lebih banyak cairan pada setiap detiknya, arteri besar kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku, sehingga mereka tidak dapat mengembang pada saat jantung memompa darah melalui arteri tersebut, karena-nya darah pada setiap denyut jantung dipaksa untuk melalui pembuluh darah yang sempit daripada biasanya dan menyebabkan naiknya tekanan. Inilah yan terjadi pada usia lanjut, dimana dinding arterinya telah menebal dan kaku karena arteriosklerosis.

Dengan cara yang sama, tekanan darah juga meningkat pada saat terjadi vasokonstriksi, yaitu jika arteri kecil (arteriola) untuk sementara waktu mengkerut karena perangsangan saraf atau hormon di dalam darah.
 
 
Bertambahnya cairan dalam sirkuilasi bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah, hal ini terjadi jika terdapat kelainan fungsi ginjal sehingga tidak mampu membuang sejumlah garam dan air dari dalam tubuh, volume darah dalam tubuh meningkat, sehingga tekanand arah juga meningkat, sebaliknya jia : aktivitas memompa jantung berkurang, arteri mengalami pelebaran, banyak cairan keluar dari sirkulasi, maka tekanan darah akan menurun.

Penyesuaian terhadap faktor – faktor tersebut dilaksanakan oleh perubahan di dalam fungsi ginjal dan sistem saraf otonom (bagian dari system saraf yang mengatur berbagai fungsi tubuh secara otomatis).
 
 
Ginjal mengendalikan tekanan darah melalui beberapa cara : jika tekanan darah meningkat, ginjal akan menambah pengeluaran garam dan air, sehingga volume darah bertambah dan tekanan darah kembali normal. Jika tekanan darah menururn, ginjal akan mengurangi pembuangan garam dan air, sehingga volume darah bertambah dan tekanan darah kembali normal. Ginjal juga bisa meningkatkan tekanan darah dengan menghasilkan enzim yang disebut rennin, yang memicu pembentukan hormone angiotensin, yang selanjutnya akan memicu pelepasan hormon aldosteron. Ginjal merupakan organ penting dalam mengendalikan tekanan darah, karena iti berbagai penyakit dan kelainan pada ginjal bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi.

Misalnya penyempitan arteri yang menuju ke salah satu ginjal (stenosis arteri renalis) bisa menyebabkan hipertensi. Perdangan dan cedera pada salah satu atau kedua ginjal juga bisa menyebabkan naiknya tekanan darah.

Sistem saraf simpatis merupakan bagian dari system saraf otonom, yang untuk sementara waktu akan : meningkatkan tekanan darah selama respon fight – or – flight (reaksi fisik tubuh terhadap ancaman dari luar). Meningkatkan kecepatan dan kekuatan denyut jantung; jugta mempersempit sebagian besar arteriola, tetapi memperlebar arteteriola di daerah tertentu (misalnya otot rangka, yang memerlukan pasokan darah yang lebih banyak). Mengurangi pembuangan air dan garam oleh ginjal, sehingga akan meningkatkan volume darah dalam tubuh. Melepaskan hormone epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin (noradrenalin), yang merangsang jantung dan pembuluh darah.

3. Etiologi

a. Usia
Hipertensi akan makin meningkat dengan meningkatnya usia hipertensi pada yang berusia dari 35 tahun dengan jelas menaikkan insiden panykit arteri dan kematian premature.

b. Jenis Kelamin
berdasar jenis kelamin pria umumnya terjadi insiden yang lebih tinggi daripada wanita. Namun pada usia pertengahan, insiden pada wanita mulai meningkat, sehingga pada usia di atas 65 tahun, insiden pada wanita lebih tinggi.

c. Ras
Hipertensi pada yang berkulit hitam paling sedikit dua kalinya pada yang berkulit putih.

d. Pola Hidup
Faktor seperti halnya pendidikan, penghasilan dan faktor pola hidup pasien telah diteliti, tanpa hasil yang jelas. Penghasilan rendah, tingkat pendidikan rendah dan kehidupan atau pekerjaan yang penuh stress agaknya berhubungan dengan insiden hipertensi yang lebih tinggi. Obesitas juga dipandang sebagai faktor resiko utama. Merokok dipandang sebagai faktor resiko tinggi bagi hipertensi dan penyakit arteri koroner. Hiperkolesterolemia dan hiperglikemia adalah faktor – faktor utama untuk perkembangan arterosklerosis yang berhubungan dengan hipertensi.

4. Berdasarkan penyebab, hipertensi di bagi dalam 2 golongan :
 
 
a. Hipertensi primer / essensial
Merupakan hipertensi yang penyebabnya tidak diketahui, biasanya berhubungan dengan faktor keturunan dan lingkungan
 
 
b. Hipertensi sekunder
Merupakan hipertensi yang penyebabnya dapat diketahui secara pasti, seperti gangguan pembuluh darah dan penyakit ginjal.

5. Faktor pencetus
a. Obesitas
b. Kebiasaan merokok
c. Minuman beralkohol
d. Penyakit kencing manis dan jantung
e. Wanita yang tidak menstruasi
f. Stress dan kurang olah raga
g. Diet yang tidak seimbang, makanan berlemak dan tinggi kolesterol

6. Tanda dan Gejala
a. Sakit kepala dan pusing
b. Nyeri kepala berputar
c. Rasa berat di tengkuk
d. Marah / emosi tidak stabil
e. Mata berkunang – kunang
f. Telinga berdengung
g. Sukar tidur h. Kesemutan
i. Kesulitan bicara
j. Rasa mual / muntah
k. Epistaksis
l. Migren
m. Mudah lelah
n. Tinistus yang diduga berhubungan dengan naiknya tekanan darah

7. Klasifikasi Hipertensi
Klasifikasi hipertensi berdasarkan The Joint National Commite on Detection Evaluation and Treatmen of High Blood Pressure, adalah sebagai berikut :
Kategori Sistolik Diastolik
a. Normal tinggi (perbatasan) 130 – 139 85 – 89
b. Stadium 1, ringan 140 – 159 90 – 99
c. Stadium 2, sedang 160 – 179 100 – 109
d. Stadium 3, berat 180 – 209 110 – 119
e. Stadium 4, sangat berat 210 > 120 >

8. Komplikasi
a. Stroke
b. Infakr miokard
c. Gagal ginjal
d. Ensefalopati
e. Gangguan penglihatan

9. Penatalaksanaan Medik
a. Penatalaksanaan farmakologis / perubahan gaya hidup pengurangan asupan garam dan upaya penurunan berat badan, menghindari faktor resiko seperti merokok, minum alcohol, hiperlipidemia dan stress.


b. Penatalaksanaan dengan obat berlandaskan beberapa prinsip
  • Pengobatan hipertensi sekunder lebih mengutamakan pengobatan kasual.
  • Pengobatan hipertensi primer ditujukan untuk menurunkan tekanan darah dengan hartapan memperpanjang umur dan mengurangi komplikasi.
  • Upaya menurunkan tekana darah dicapai denga menggunakan obat anti hipertensi selain dengan perubahan gaya hidup.
  • Pengobatan hipertensi primer adalah pengobatan jangka panjang dengan kemungkinan besar untuk seumur hidup.
  • Pengobatan penggunaan obat golongan diuretic, penyekat beta antagonis kalsium, dan penghambat enzim koversi angiotensin (penghambat ACE) merupakan anti hipertensi yang sering digunakan.
10. Penanganan, Perawatan dan Pencegahan Hipertensi
a. Berobat / memeriksakan diri secara teratur
b. Minum obat secara teratur
c. Jangan menghentikan, mengubah dan menambah dosis dan jenis obat tanpa petunjuk dokter
d. Konsultasikan dengan petugas kesehatan jika menggunakan obat untuk penyakit lain karena ada jenis obat yang dapat meningkatkan dan memperburuk hipertensi
e. Usahakan untuk mempertahankan berat badan yang seimbang dengan mencegah kegemukan
f. Batasi pemakaian garam (sodium)
g. Tidak merokok
h. Memperhatikan diet dengan memperbanyak makan buah dan sayuran dan membatasi minuman beralkohol
i. Hindari minum kopi berlebihan
j. Periksa tekanan darah secara teratur terutama jika usia sudah mencapai 40 tahun
C. Asuhan Keperawatan Hipertensi / askep hipertensi
 

1. Penurunan curah jantung berhubungan dengan iskemia miokard
Tujuan : Tidak terjadi penurunan curah jantung
Rencana Tindakan :
a) Pantau tekanan darah, ukur pada kedua tangan / paha untuk evaluasi awal
b) Catat keberadaan, kualitas denyutan sentral dan perifer
c) Amati warna kulit, kelembaban suhu dan masa pengisian
d) Catat edema umum / tertentu
e) Berikan lingkungan yang tenang, kurangi aktivitas / keributan lingkungan
f) Anjurkan tehnik relaksasi, aktivitas pengalihan
g) Kolaborasi dengan dokter dalam pengobatan
2. Intoleransi aktivitas berhubungan dengan ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen
Tujuan : Intoleransi aktivitas teratasi
 

Rencana tindakan :
a) Kaji skala aktivitas
b) Perhatikan frekuensi nadi, dispnea, nyeri dada, keletihan dan kelemahan berlebihan diaforesis, pusing atau pingsan.
c) Instruksikan pasien tentang penghematan energi d) Berikan dorongan untuk melakukan aktivitas / perawatan diri bertahap
e) Berikan bantuan sesuai kebutuhan

3. Nyeri kepala berhubungan dengan peningkatan tekanan vaskuler cerebral
Tujuan : Nyeri berkurang sampai hilang
 
 
Rencana tindakan :
a) kaji skala nyeri b) Kaji penyebab nyeri, catat penyebab, kualitas, regional dan waktu
c) Observasi tanda – tanda vital terutama tekanan darah
d) Berikan tindakan nonfarmakologik, misalnya : kompres dingin, pijat punggung dan tehnik relaksasi. e) Hilangkan / minimalkan aktivitas vasokokstriksi yang dapat meningkatkan sakit kepala.
f) Bantu pasien dalam aktivitas
g) Kolaborasi dengan dokter dalam mpemberian anagetik

4. Perubahan nutrisi kebih dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan masukan berlebihan sehubungan dengan kebutuhan metabolic.
 
 
Tujuan : Tidak terjadi peningkatan masukan berlebihan Rencana tindakan :
a) Kaji pemahaman pasien tentang hubungan langsung antara hipertensi dengan kegemukan
b) Bicarakan pentingnya menurunkan masukan kalori dan batasi masukan lemak, garam dan gula sesuai indikasi
c) Tetapkan keinginan pasien menurunkan berat badan
d) Dorong pasien untuk mempertahankan masukan makanan
e) Kolaborasi dengan ahli gizi dalam pemberian makanan


5. Koping individu inefektif berhubungan dengan krisis situasional maturasional
Tujuan : Koping individu kembali efektif
 
 
Rencana tindakan :
a) kaji keefektifan strategi koping dengan mengobservasi perilaku. Misalnya menyatakan perasaan dan perhatian b) catat laporan gangguan tidur, peningkatan, keletihan, kerusakan konsentrasi
c) Bantu pasien untuk mengidentifikasikan stressor spesifik dan cara mengatasinya
d) Libatkan pasien dalam perencanaan perawatan, beri dorongan partisipasi maksi
mum dalam pengobatan
e) Bantu pasien untuk mengidentifikasi dan mulai merencanakan perubahan hidup yang perlu

6. Kurang pengetahuan kebutuhan pembelajaran mengenai kondisi, rencana pengobatan
Tujuan : Pengetahuan meningkat
 
 
Rencana Tindakan :
a) Kaji kesiapan dan hambatan dalam belajar
b) Tetapkan dan nyatakan batas tekanan darah normal, jelaskan tentang hipertensi dan efeknya pada jantung, pembuluh darah, ginjal dan otak c) Bantu pasien dalam mengidentifikasi faktor – faktor resiko kardiovaskuler. Misalnya : obesitas, diet lemak, kolesterol, merokok dan minum alkohol
d) Bahas pentingnya menghentikan rokok, dan bantu pasien dalam rencana untuk berhenti merokok
e) Jelaskan tentang obat yang diresepkan, rasional, dosis, efek samping.
D. Kesimpulan Secara umum hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, aneurisme, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal. Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami. Bayi dan anak – anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah dari pada dewasa. Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, dimana akan lebih tinggi pada saat akan melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat. Tekanan darah dalam satu hari akan berbeda paling tinggi pada waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur malam hari.


 Sumber : http://belajaraskep.blogspot.com/2012/04/asuhan-keperawatan-hipertensi-darah.html
Share this article :
 

+ komentar + 148 komentar

Anonymous
April 12, 2013 at 4:18 PM

kunjungi blog saya masbro

May 2, 2013 at 9:29 PM

seeph mas bro

January 29, 2015 at 12:06 PM

Dari referensi yg saya baca di udoctor.co.id, penanganan hipertensi salah satunya dengan Diet dan nutrisi : diet yang rendah sodium dan tinggi kalium dianjurkan untuk mengurangi hipertensi. Diet yang mempromosikan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan rendah garam seperti diet DASH (Intervensi diet untuk Hipertensi)

komplit nih infonya gan

February 23, 2015 at 10:15 PM

kebetulan lagi nyari nih, makasih banyak ya

mengobati dengan bahan alami aman loo
http://obatherbaluntukbenjolandiketiak33.blogspot.com/

terima ksih infonya, sangat bagus dan bermanfaat
OBAT DARAH TINGGI,

November 19, 2016 at 9:19 PM

terima kasih sangat infonya bermanfaat

March 4, 2017 at 1:44 PM

This is true bernar page tremendous amount of information obtained is delighted to be bet to play in the yard of your incredible I found your page on google
Obat Jantung Koroner
Cara Mengobati Usus buntu
Obat Tipes
Obat Stroke
Obat Ambeien
Obat Gondok

March 9, 2017 at 1:41 PM

thanks for posting on the website you wish more success .. I wait for my next post

obat kista ovarium
obat cedera lutut
obat trigliserida tinggi
obat sindrom nefrotik

March 13, 2017 at 3:46 PM

Informoasinya sangat bagus , dibaca juga enak , tidak belibet saya suka artikel kesehatan seperti ini , ini menjadi salah satu contoh bagi saya untuk membuat artikel sejenis

Obat Tradisional Buah Zakar Bengkak
Obat Hipertensi Herbal
Obat Tradisional Radang Empedu

March 14, 2017 at 4:34 PM

inilah cara herbal untuk membantu proses penyembuhan keluhan penyakit fatty liver , bisa anda simak
di obat herbal fatty liver. kini hadir obat lipoma tradisional yang hadir dari bahan herbal yang lebih komplit. Produk Green World yang di jadikan sebagai pengobatan herbal ginjal bocor

March 15, 2017 at 11:28 AM

Terimakasih atas informasinya gan, semoga bermanfaat untuk kita semua. jangan lupa untuk update terus ya gan !!!
Salam Kenal dari kami :
Link Kami Semoga Bermanfaat Untuk Informasi Seputar Kesehatan.
http://www.grosir.jellygamatqncasli.com
http://www.pusat.jellygamatqncasli.com
http://www.jual.jellygamatqncasli.com
http://www.agenresmi.jellygamatqncasli.com
http://www.carajadiagen.jellygamatqncasli.com
http://www.obatherbal.jellygamatqncasli.com
http://www.distributor.jellygamatqncasli.com
http://www.obatasma.jellygamatqncasli.com
http://www.obatasamurat.jellygamatqncasli.com
http://www.obatkankerserviks.jellygamatqncasli.com
http://www.obatkistaovarium.jellygamatqncasli.com
http://www.obathepatitisa.jellygamatqncasli.com
http://www.obatnyerisendi.jellygamatqncasli.com
http://www.obatmaagkronis.jellygamatqncasli.com
http://www.obatasamlambung.jellygamatqncasli.com
http://www.obatguladarahtinggi.jellygamatqncasli.com
http://www.obatbatuginjal.jellygamatqncasli.com

Kami Tunggu Informasi Selanjutnya gan....

March 21, 2017 at 11:54 AM

Informasi yang di berikan sangat menarik dan bermanfaat , gaya bahasa yang di gunakan gampang untuk di mengerti , terimakasih untuk informasi nya .

Obat Tradisional Infeksi Usus Dan Lambung
Obat Sakit Pangkal Paha Sebelah Kiri Yang Manjur
Cara Mengobati Radang Selaput Otak (Meningitis) Manjur

March 21, 2017 at 4:00 PM

Thank you for the information gan, may be useful for all of us.
Greetings from us:
Links We wish Beneficial For Information About Health.

Cara Mengobati Hernia Terbaik
Cara Mengobati Penyakit Liver Secara Alami
Obat Herbal Jantung Bocor Ampuh
Obat Herbal Leukimia Tanpa Kemoterapi
Obat Herbal Bronkitis Pada Anak

We Wait Further Information gan ....

March 23, 2017 at 9:59 AM

terimakasih untuk informasinya, semoga bermanfaat untuk kita semua
salam kenal dari kami .:
ObaTradisional-Diabetes-Alami
Obat-Herbal-Gagal-Ginjal-Kronis
Cara-Mengobati-Kanker-Payudara-Secara-Alami-dan-Aman
Obat-Herbal-Kanker-Darah
cara-mengobati-penyakit-TBC

kami tunggu informasi selanjutnya gan !!

March 25, 2017 at 10:15 AM

Very nice article, after I read, it is very easy to understand article. So I hope this article is updated every day. God bless and good luck

Obat TBC Alami Terbukti Manjur
Obat Kanker Rahim Alami Ampuh
Obat Hipertensi Herbal
Ahlinya Obat Stroke
Ahlinya Obat Asam Urat

March 25, 2017 at 11:03 AM

Terimakasih untuk informasi nya , informasi yang di berikan sangat menarik dan mudah untuk di pahami , di tunggu untuk informasi selanjut nya !!

Obat Asam Lambung Tinggi Alami

April 5, 2017 at 3:32 PM
April 11, 2017 at 9:21 AM

I first visited this page. After I read this article turned out to be very contained, good content, I am happy and hopefully the articles in this website can be updated continuously

Obat Kanker Rahim Alami Ampuh
Kanker Rahim Stadium 1
Informasi Kanker Rahim

April 22, 2017 at 11:38 AM

Heart valve is a term which when in drawing resembles a gate or one-way door in the heart
buah untuk liver
liver menular

April 28, 2017 at 4:12 PM

Thanks for the information presented on your website
Very in waiting for other information

obat alami wasir
obat lambung bengkak
obat jantung alami

May 3, 2017 at 1:55 PM

In order to be a nurse, skills are not the only things that you need. Dedication and most of all passion is much required, sine at times you deal with cases that needs a lot of strength. I do love this post, and without a doubt i would like to bookmark it for more information. Non-Woven Wallpapers Kindly post more.

May 3, 2017 at 3:50 PM

The latest information we are waiting for lho..semoga what is given can be useful
Terimakash..success always everything..salam know

obat batu ginjal manjur
obat kencing batu ampuh

May 6, 2017 at 9:24 AM

Thank you for the news may be useful for our success

obat melanoma tradisional
cara mengatasi keputihan
obat kelenjar tiroid ampuh

May 6, 2017 at 2:37 PM

Pemabahasannya sangat mendalam sehingga super komplit untuk dijadikan regerensi, mantap !
Cara Mengobati Kanker Kelenjar Getah Bening
Cara Mengobati Kista
Cara Mengobati Diabetes
Cara Mengobati Asam Urat

May 10, 2017 at 1:20 PM

Thank you for the news may be useful for our success
manfaat daun sirih untuk keputihan
macam penyakit paru paru

May 10, 2017 at 1:35 PM

The information is interesting and I'm happy to read this article. Thanks for the article
Agen-Resmi-Jelly-Gamat-QnC-kabupaten-brebes
Agen-Resmi-Jelly-Gamat-QnC-kabupaten-cilacap
Agen-Resmi-Jelly-Gamat-QnC-kabupaten-jepara

May 16, 2017 at 3:34 PM
May 18, 2017 at 7:46 AM

The information is very useful, continue to update well, let me get back to your life again this

Obat Polip Hidung Tradisional
Obat Tradisional Untuk Penyakit Varikokel
Obat Tradisional Untuk Radang Prostat

May 24, 2017 at 3:57 PM
July 12, 2017 at 1:29 PM

Thanks for the information presented on your website
Very in waiting for other information


obat varikokel tradisional
obat tuba falopi tersumbat
obat herbal hipotensi manjur


Your articles are very useful, good, nice to read, simple and contain. Updated constantly mister

Cara Pengobatan Asam Urat Dengan Daun Kelor
Cara Pengobatan Asam Urat Dengan Daun Salam

July 25, 2017 at 2:22 PM

Thanks for the sharing. This article is very useful for me. I ask permission to keep a link about health.
Cara alami mengatasi penyakit Splenomegali dengan obat herbal
Cara Alami Mengatasi Asam Lambung
Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Naik
Tanaman Obat Tradisional Untuk Menurunkan Asam Lambung
May be useful, we wait next post

July 25, 2017 at 2:47 PM

Thanks for the information presented on your website
Very in waiting for other information

Pengobatan Alami Infeksi Paru Paru Mujarab
cara aman mengatasi paru paru basah
apotek ace maxs terbaru

July 29, 2017 at 10:30 AM

Thanks for the information presented on your website
Very in waiting for other information

Tanaman Obat Kista
obat alami hepatitis a

September 9, 2017 at 9:38 AM

Thanks for the information you have provided, It is very helpful. Please improve again

Ramuan Obat Higienis Sakit Gigi Karna Keropok Dan Berlubang

September 16, 2017 at 2:25 PM

the article is very contained, surely you are a great blogger, I will learn from you from the posts you have made ...

Cara Menyembuhkan Eksim Agar Tidak Kambuh Lagi
Obat Sakit Telinga Berair
Cara Menyembuhkan Lambung Yang Bengkak
Obat Antibiotik Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih

September 26, 2017 at 4:16 PM

obat sinusitis

October 11, 2017 at 2:44 PM

finally found also the website with the content of articles and useful information. Thank you very much.
Walatra Gamat Emas Kapsul
Obat Hipertiroid Herbal Paling Ampuh Tanpa Operasi
10 Gejala Hipertiroid Yang Perlu Anda Waspadai
Kenali Lebih Banyak Lagi Penyebab Hipertiroid

October 26, 2017 at 2:16 PM

You can share .. success
Best regards..will run activetas

ahlinya herbal terbaik
apotek ace maxs terbaru
obat kanker payudara herbal mujarab

December 2, 2017 at 1:26 PM

The articles you share are helpful to me and add knowledge. Good luck always!!
Walatra Zedoril 7
Obat kanker Otak
Pengobatan Alternatif Kanker Otak
4 Tanaman Obat Kanker Otak

December 2, 2017 at 1:44 PM

Sites like these I'm looking for
Thanks for the information, in tunggua keep the latest news

obat nyeri bahu tradisional
obat sakit lutut saat di tekuk
obat kanker nasofaring tradisional

December 15, 2017 at 8:14 AM

the information you share is very useful
Highly awaited other latest news

obat keropos tulang herbal
obat nyeri bahu herbal

December 17, 2017 at 2:28 PM

thanks for the information you have given me very happy with this information hopefully for the next information will be more useful thanks
http://www.gadispoker.com/

January 6, 2018 at 7:24 AM

Good morning and how are you gan !!
The information that you share is very useful for us, and if we can improve it more so, more visitors interested in reading this artikell. And we also want to ask permission to provide information about health, which may be useful also for you.
Obat Herbal Miom Dan Kista
Obat Gatal Alergi Eksim
Cara Mengatasi Kutil Kemaluan Wanita
Cara Alami Menyembuhkan Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita
Cara Menyembuhkan Luka Bakar yang Melepuh
Thank you for giving permission. Success continues!

January 27, 2018 at 10:08 AM

kami memberikan informasi mengenai cara mengobati penyakit secara herbal, semoga bermanfaat ^_^
Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan Stadium Awal
Obat Alami Dompo/Herpes Pada Kulit
Obat Tradisional Penambah Trombosit
Walatra Sarang Semut
Proses Penyembuhan Luka Gangren

February 1, 2018 at 11:44 AM
March 13, 2018 at 2:11 PM

kami memberikan informasi seputar masalah kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian ^_^
Makanan Sehat Bagi Penderita Liver
Cara Mengobati Kusta Dengan Kencur
Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Disembuhkan ?

March 13, 2018 at 2:14 PM

kami memberikan informasi seputar masalah kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian ^_^
Makanan Sehat Bagi Penderita Liver
Cara Mengobati Kusta Dengan Kencur
Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Disembuhkan ?

April 5, 2018 at 1:27 PM

Thanks for the information presented on your website
Very in waiting for other information

manfaat temulawak untuk hepatitis
daun salam untuk sakit pinggang
obat gendang telinga sakit

April 25, 2018 at 3:57 PM

His blog is very interesting. I'm happy to visit this blog. Keep posting good content. Thanks and best regards.
Pengobatan Alami Plak Pembuluh Darah
Cara Mengobati Ruam Kulit Disertai Gatal Secara Alami

June 6, 2018 at 2:23 PM

Tawuran yu lah

Obat Sinusitis

Zahra Herbal

June 22, 2018 at 2:54 PM

very useful information hopefully our leaders can be like this
<a href="http://obatherbalkankerhati.jellygamatluxor.biz/makanan-yang-baik-untuk-penderita-kanker-hati</a>

June 22, 2018 at 2:55 PM

very useful information hopefully our leaders can be like this
Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kanker Hati

July 23, 2018 at 1:29 PM

Healthy is expensive, so let's refer to health articles to help maintain your health :-)

Cara Mengobati Sesak Nafas Akibat Jantung Bocor
Tanaman Ampuh Untuk Mengatasi Kanker Serviks
Obat Limpa Bengkak Tradisional

July 23, 2018 at 4:04 PM

thanks for information your posted on your website
http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

July 23, 2018 at 4:07 PM

Thanks , I really like your website. because you make articles to help maintain health.

July 31, 2018 at 2:41 PM

http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

July 31, 2018 at 2:42 PM

I like your website

http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/

August 6, 2018 at 9:10 AM

Thank you for a good information
Obat Herbal Hernia Akut
Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah

thanks for informations
https://tokoherbalnesv.blogspot.com/

September 12, 2018 at 3:28 PM

your article is really satisfying.

Bahaya TBC Kelenjar
Bahaya Hipertiroid
Bahaya Jantung Bocor

September 26, 2018 at 3:14 PM

Your page is very good and very satisfying, I became interested.

Komplikasi Gondok Beracun

September 29, 2018 at 8:20 PM

Maaf bos,, numpang promo.!
Mari bosku, kami dari GADISPOKER mengajak anda bermain bersama kami :
minimal deposit dan withdraw adalah Rp. 10.000
1. BONUS DEPOSIT 10%
2. BONUS TURN OVER 0,5%
3. BONUS REFFERAL 15%
4. HADIAH JACKPOT PULUHAN JUTAAN
5. BONUS TAMBAHAN REFERRAL SEBESAR 30%
Untuk keteragan klik link aternatif kami:
WWW,GADISKARTU,ORG ( koma ganti titik )

dewa poker

October 2, 2018 at 1:21 PM

Really your page is very satisfying I also admire it.

Cara Mengobati Infeksi Usus Secara Alami

October 25, 2018 at 8:19 AM

Artikelnya bagus banget dan sangat menarik terima kasih info nya sanga bermanfaat sekali dan sangat baik artikelnya.


http://obatdarahtinggi.my.id/

October 31, 2018 at 3:54 PM

I get your page from my friend, hopefully I can cooperate well.

obat tradisional maag kronis
komplikasi sinusitis dan pengobatannya
ginjal bocor bisa disembuhkan

March 5, 2019 at 11:15 AM

semoga bermanfaat, kami hanya memberikan saran pengobatan yang bisa Anda coba demi mencapai kesembuhan.

Obat Kanker Testis Tanpa Operasi

April 7, 2019 at 7:00 PM

Layanan Healing Crisis  meningkatkan daya pemulihan diri secara alami yang dimiliki oleh tubuh manusia dan menyingkirkan racun ke luar tubuh. Dalam seluruh proses perawatan kesehatan, badan mungkin akan mengalami beberapa reaksi, misalnya pengulangan penyakit lama dan yang baru potensi mengarah penyakit berat akan dihalau
- Batuk kering,tekak bengkak, sariawan, bau mulut menunjukkan proses detoksifikasi, kurang cairan, fungsi paru paru lemah, alergi, sinusitis, hipertensi, astma, anemia.

Baca Selengkapnya https://spiritual.id/layanan/layanan-healing-crisis/

June 7, 2019 at 4:05 AM

Selamat pagi, Ijin Post Yahh
Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
- Minimal Deposit 15.000
- Bonus New Member 10.000
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Rollingan 0,5%
- Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
REAL PLAYER VS PLAYER !!!
GUDANG PROMO IDN POKER
Agen Bandar Poker Terpercaya
Bandar Poker IDN
Poker IDN Terbaik
Agen Judi Uang Asli
Agen Judi Terbaik Di Indonesia
Agen Judi Deposit Murah
Info Poker IDN Terbaik

June 7, 2019 at 4:07 AM

haii selamat pagi numpang promo yahhh
E D E N POKER lagi bagi-bagi bonus newmember
10.000 Rp Nihh yukk buruaan jangan sampaii
ketinggalannn !!
www(.)edenpoker(.)bet

June 13, 2019 at 6:31 AM

Inilah Jadwal Pertandingan Liverpool vs Chelsea Piala Super UEFA 2019 yang sangat di nantikan... << Klik Aja

Cek Pasaran Bola Liverpool vs Chelsea Yang Jitu << Klik aja

September 4, 2019 at 1:38 AM

Promo Yang berlaku Di www.ligabintang88(dot)net :
HOT PROMO :

- Bonus Deposit 10% (max 100 rb) Minimal TO 3x
- Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
- Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

Diskon Togel :
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

Silakan Add WHATSAPP CS Yah Bossku

WA CS1 : +62 822 2945 7557

Silakan Bossku^^

February 1, 2020 at 12:43 PM

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

July 26, 2021 at 8:21 PM

Agen SBOBET taruhan Judi Bola Sportsbook BOLAVITA terpercaya, dengan proses cepat, aman dan tentunya merupakan Agen Judi Terbesar di Indonesia.

Untuk Anda yang menyukai permainan taruhan bola handicap, mixparlay, tebak skor dan lainnya. SBOBET merupakan pilihan situs judi bola yang paling tepat untuk Anda mainkan secara online.

Untuk memasang taruhan bola disitus ini minimal adalah 15k untuk mixparlay dan 50k untuk handicap.

Daftarkan akun taruhan bola Anda sekarang juga melalui Agen SBOBET Bolavita dan dapatkan promo bonus menarik lainnya.

Tentunya untuk Anda yang ingin menambah uang tambahan , manfaatkan lah dengan BONUS REFFERAL dengan mengajak teman untuk bermain disitus BOLAVITA !

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

Customer Service 24 jam NONSTOP untuk membantu Anda yang mengalami kendala dalam permainan.

Hubungi kami via :
✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
✔ INSTAGRAM : @bola.vita
✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
✔ TWITTER : @BVgaming_net
✔ LINE : @CS_bolavita

#bolavita #mixparlay #sbobet #judibola #agenbola #judibolaterpercaya #situsbolaterpercaya #handicap #voor #permainanbola #bonusmenarik #bolaindonesia #sportsbook #agensbobet #Judisbobet #bolavitasbobet

StarshipPhantom42
October 4, 2023 at 3:32 AM

kars
sinop
sakarya
ankara
çorum
QP1

QuantumNomadMatrix9000
October 5, 2023 at 12:44 AM

amasya
sinop
çorum
sakarya
van
VGP

D4208Justin9740A
December 8, 2023 at 1:08 PM

138AE
%20 binance komisyon indirimi

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Itu Indah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger