Sejarah Perkembangan Sepak Bola

Kemajuan Sepak Bola dari Masa tradisional ke Modern
Sepakbola adalah suatu olahraga yang hanya terdiri dari dua kata yaitu sepak dan bola tetapi kata sepakbola berasal dari sejarah yang sangat panjang dan memiliki cerita yang sangat menarik didalamnya. Mengapa sangat menarik? Karena banyak peristiwa yang jarang terjadi pernah terjadi disepak bola sebagai contoh, kematian sebuah pemain di Liga Arab yang sangat mengerikan karena setelah dia mendapat kartu kuning dia berputar-pura diudara dan tidak ada yang tau penyebabnya apakah itu azab atau sebagainya? Ada juga terkena serangan jantung pada saat bermain bola yang dialami oleh Antonio Puerta yang bermain untuk klub spanyol, Sevilla dan meninggal dunia, ada
juga yang pada saat berjalannya pertandingan terdapat badai yang menerbangkan iklah-iklan di sepinggir lapangan yang terjadi di Liga Arika Selatan (Castle League). Dan banyak orang yang belum mengetahui betul bagaimana tepatnya sejarah sepak bola. Sepak bola sendiri merupakan permainan yang terdiri dari 11 orang yang dimainkan oleh 2 pihak yang berbeda menggunakan sebuah bola yang terbuat dari kulit dan dimainkan diatas rumput asli/sintetis.

Antonia Puerta yang meninggal dunia ketika membela untuk timnya Sevilla.

 Sejarah Sepak Bola
Asal muasal sejarah berawalnya sepak bola masih belum pasti karena tiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang asal muasal sepak bola. Ada orang yang beranggapan bahwa sepak bola itu berasal dari Cina, ada yang beranggapan sepak bola berasal dari bangsa Romawi dan bahkan ada yang berependapat bahwa asal muasal sepak bola berasal dari bangsa Jepang. Namun pendapat orang yang banyak dan beragam itu dibenarkan oleh FIFA yang merupakan badan pengurus sepak bola di dunia, bahwa sejarah sepak bola berasal dari daratan Cina yang dimainkan pada abad ke 2 sampai abad ke 3SM. Mereka dahulu mengenal olahraga ini dengan kata tsu chu. Dan dibawah ini merupakan beberapa pendapat orang ketika sejarah sepak bola belum disatukan oleh FIFA.
·      Tertera pada sebuab dokumen militer yang menyebutkan bahwa pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, pada tahun 206SM masyarakat Cina telah mamainkan olahraga sepak bola yang pada masa itu dikenal dengan nama Tsu Chu. Tsu sendiri mempunyai artinya ''menendang bola dengan kaki''. Sedangkan chu, berarti ''bola dari kulit dan ada isinya''. Permainan bola pada masa itu dimain kan dengan cara menggiring dan menendang lalu melepaskan tembakan ke sepasang tiang yang berjauhan. Pada masa itu jarak antara kedua tiang memang belum ditentukan seperti sekarang ini. Bola pada masa itupun masih menggunakan kulit binatang sebagai bahannya.
·      Ada suatu versi sejarah kuno yang menyebutkan bahwa sepak bola datangnya dari bangsa Jepang, yang mulai dimainkan pada abad ke 8. Pada masa itu permainan sepak bola sendiri disebut dengan nama Kemari. Sedangkan bolanya dipergunakan terbuat dari kulit rusa namun ditengahnya sudah dilubangi dan berisi udara.
·      Ada juga sejarahwan sepak bola bernama Bill Murray dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah mulai dikenal pada awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik menggiring dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.
·      Dari sejarah yang lain menyebutkan bahwa bangsa Yunani purba sudah mulai mengenal permainan sepak bola yang disebut dengan nama Episcuro pada masa itu. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya kedua kakinya.

Sejarah sepak bola modern berawal dari Inggris dan hal ini pun sudah diakui oleh banyak para sejarahwan sepak bola di dunia. Di Inggris sendiri sepak bola modern telah dimainkan pada pertengahan abad ke 19, dengan berdirinya klub sepak bola tertua sepanjang sejarah persepak bolaan dan klub ini terbentuk dengan nama Sheffield FC pada yahun 1857.
Sheffield FC sebagai klub sepak bola modern tertua.


 Sheffield sekarang sendiri berkembang menjadi Sheffield United dan Sheffiel Wednesday yang bermain di divisi satu liga Inggris.
6 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1863 terbentuk badan asosiasi yang mewadahi persepak bolaan di Ingrris yang di sebut FA(Football Association). FA sendiri merupakan asosiasi sepak bola tertua di dunia. Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, sportif dan lebih enak untuk dinikmati para penonton sepak bola.
3 tahun berselang pada tahun 1866 terbentuklah sebuah badan yang khusus mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu IFAB(International Football Association Board). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.
IFAB mempunyai tugas-tugas seperti mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola yang didalamnya mencakup teknik permainan, syarat dan tugas wasit, dan transfer perpindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya.
Sejarah Peraturan Sepakbola
Permainan sepak bola yang sudah melintasi puluhan abad memang terus mengalami perkembangan, termasuk didalamnya mengenai aturan yang digunakan dalam permainan sepak bola. Sejarah dunia telah mencatat serangkain peristiwa penting yang berkaitan dengan sepak bola, sebagai berikut:
  • 1815 Eton Collage membuat peraturan baku sepak bola rugby.
  • 1848 Lahir peraturan Cambridge rules, karena disukai oleh banyak kampus di Inggris. Maka akhirnya menjadi aturan sepak bola
  • 1863 Sebelas klub sepak bola London mengadakan pertemuan di Freemason’s Travern untuk menyusun peraturan dasar permainan sepak bola. Saat itu terbentuk Football Association (FA).
  • 1868 FA memunculkan aturan larangan untuk menyentuh bola dengan tangan kecuali dilakukan oleh kiper. Dengan aturan ini maka sepak bola terpisah dengan rugby.
  • 1888 William McGreror (direktur Aston Villa) berhasil mengajak 12 klub menyetujui aturan partai kandang – tandang. Liga Inggris resmi bergulir tanggal 8 september 1888
  • 1904 Pembentukkan Federation International Football Association (FIFA)
  • 1930 Pelaksaan piala dunia I di Uruguay pada tanggal 13-30 Juli, dan hasilnya tuan rumah menjadi juara setelah mengalahkan Argentina 4-2.
  • 1956 Piala Champions digelar pertama kali di Perancis.
Sejarah terbentuknya FIFA
Logo FIFA
Dalam sejarah berabad-abad perkembangan dibidang sepak bola, muncul rasa kekhawatiran oleh para pelaku di setiap tim sepak bola,baik sebagai pemain atau pengurus klub. Mengapa demikian? Karena mereka menyadari belum adanya badan yang benar-benar mengelola sepak bola di dunia dan mereka menyadari pentingnya suatu organisasi yang mewadahi dan mengatur permainan sepak bola di dunia. Akhirnya dari rasa takut tersebut terbentuklah sebuah organisasi yang disebut Fédération Internatinale de Football Association (FIFA) dibentuk di Perancis pada tanggal 21 Mei 1904.Walu FIFA berdiri di Perancis, kantor FIFA bermarkas di Zurich, Swiss. Terdapat beberapa asosiasi dari Negara-negara yang ikut pembentukan FIFA seperti asosiasi dari Perancis, Belgia, Denmark, Spanyol, Jerman, Swedia, Portugal dan Swiss. Presiden pertama FIFA sendiri adalah Robert Guerin yang berkebangsaan Perancis.

Sejak terbentuknya FIFA maka perkembangan sepak bola di dunia menjadi semakin pesat. Karena yang menjadi salah satu tugas utama dari FIFA adalah melakukan promosi dan sosialisasi tentang sepak bola ke seluruh dunia. Jika dilihat dari jumlah negara yang masuk menjadi anggota FIFA, maka sampai saat ini sudah lebih dari 209 negara yang masuk resmi menjadi anggota, bahkan negara-negara yang hanya kepulauan kecil banyak yang sudah terdaftar dalam FIFA.
FIFA juga mempromosikan sepak bola keseluruh dunia, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya. Pringkat Dunia FIFA sendiri dinilai berdasarkan hasil yang diperoleh setiap negara jika melawan timnas negara lain.
Piala Dunia sendiri merupakan kompetisi yang dilakukan setiap 4 tahun dan di adakan oleh FIFA juga memiliki sejarah. Piala Dunia pertama kali diadakan pada tanggal 13-30 Juli 1930. Pada saat itu tuan rumah Piala Dunia adalah Uruguay karena berdasarkan kongres FIFA di Amsterdam , Uruguay mendapat dukungan 23 peserta kongres menjadi tuan rumah Piala Dunia. Pada saat Piala Dunia berlangsung kota Montevideo merupakan kota penyelenggara dan seluruh pertandingan di lakukan di 3 stadion. Ini merupakan satu-satunya Piala Dunia yang tidak ada kualifikasi. Pengikut dari Pildun ini terdiri dari 6 negara Amerika selatan, 2 dari Amerika utara dan  5 negara eropa yang totalnya adalah 13 negara. Final pun dimenangkan oleh Uruguay selaku tuan rumah. Pada final Uruguay mengalahkan Argentia dengan skor cukup telak 4-2 di Stadion Centenario yang disaksikan 100.000 pasang mata. Jules Rimes yang merupakan presiden FIFA  pun menyerahkan trophy ke kapten dari kesebelasan Uruguay Jose Nazassi. Namun sekarang untuk mengikuti Piala Dunia tidak mudah,setiap negara diseluruh dunia harus mengikuti kualifikasi per benua.
Uruguay keluar sebagai pemenang di Piala Dunia pertama.

Sejarah Sepak Bola Indonesia
Memang awal sepak bola masuk ke Indonesia tidak tercatat jelas oleh siapun,bukti dari itu adalah tidak ada sumber yang tepat kapan awalnya sepak bola mulai masuk ke Indonesia. Ini merupakan perkiraan masuknya sepak bola ke Indonesia                                                                               
  1. Para pedagang dari negeri Tiongkok sekitar abad 7 M yang mulai masuk wilayah nusantara khususnya diwilayah kerajaan Sriwijaya. Seperti diketahui permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM sudah mengenal olah raga sejenis sepak bola yang dikenal dengan sebutan Tsu Chu.
  2. Dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari negeri Belanda, kalau mereka awal masuknya ke Indonesia sekitar tahun 1602 M maka sepakbola lahir dari perkembangan aktifitas dagang mereka di Indonesia.
Sejarah Terbentuknya PSSI
Logo PSSI
PSSI merupakan badan asosiasi yang mewadahi persepak bolaan di Indonesia. Memang PSSI sekarang tidak sesuai dengan semboyan mereka yang menyebutkan badan asosiasi sepak bola di Indonesia mereka sekarang hanya memikirkan jabatan dan kekuasaan yang tak kunjung usia. Sempat terjadi perselisihan atas nama Arifin Panigoro yang katanya ingin merubah wajah sepak bola Indonesia yang semakin hari semakin kacau. Namun inisiatif dia malah menimbulkan keributan. PSSI sendiri terbentuk pada tahun tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. Ini semua berasal dari seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo yang merupan pendiri PSSI. Beliau menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman pada tahun 1927 dan kembali ke tanah air pada tahun 1928. Ketika kembali ke tanah air Soeratin bekerja pada sebuah perusahaan bangunan Belanda “Sizten en Lausada” yang berpusat di Yogyakarta. Disana ia merupakan satu - satunya orang Indonesia yang duduk dalam jajaran petinggi perusahaan konstruksi yang besar itu. Namun karena dia berjiwa nasionalis dia lebih memilih mundur dari perusahaan tersebut.
Setelah tidak melanjutkan masa kerjanya di “Sizten en Lausada” ia lebih lebih memilih bergerak dibidang sepak bola, karena ia berpendapat sepak bola adalah tempat yang cocok untuk meningkatkan nasionalisme para pemuda bangsa Indonesia pada saat pemerintahan Belanda.

Soeratin Sosrosoegondo  yang merupakan pendiri PSSI.

Untuk mewujudkan keinginannya itu maka Soeratin leakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Yogyakarta, Solo dan Bandung. Lalu mereka melakukan sebuah pertemuan di hotel yang bertepatan dijakarta bernama hotel Binnenhof di Jalan Kramat. Lalu terjadilah pertemuan dengan Soeri yang merupakan ketua VIJ (Voetbalbond Indonesische Jakarta) dan pengurus persepak bolaan yang lain lalu dibuat dan direncanakan gagasan untuk membuat sebuah organisasi persepakbolaan kebangsaan yang mewadahi sepak bola di Indonesia. Lalu gagasan tersebut dimatangkan oleh tokoh pergerakan nasional seperti Amir Notopratomo, A Hamid, Daslam Hadiwasito, Soekarno. Sementara untuk menjalin komunikasi dikota lain dilakukanya kontak seperti dengan Soediro di Magelang. Kemudian pada tanggal 19 April 1930, yang merupakan tanggal terbentuknya PSSI berkumpulah wakil – wakil dari VIJ, BIVB, Persatuan Sepakbola Mataram VVB, MVB, IVBM,  SIVB diwakili Pamoedji. Dari pertemuan tersebut maka, terlahirnya PSSI (Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia) nama PSSI ini diubah dalam kongres PSSI di Solo 1950 menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Pada saat iupun Ir Soeratin mendapat kehormatan untuk menduduki jabatan sebagai ketua umum PSSI.
PSSI yang baru terbentuk pun langsung membuat program yang disebu “Stridji Program” yang merupakan program perjuangan yang pernah dilakukan oleh partai atau organisasi massa yang pernah ada. Stridji Program ini bertujuan untuk menentang pemerintahan Belanda melalui NIVB.  Lalu dijadwalkan kompetisi untuk strata 1 dan 2 dan akan dilanjutkan ke kejuaran yang lebih tinggi yang dikenal dengan “ Steden Tournooi” yang di mulai di Surakarta pada tahun 1931.
Karena semakin banyaknya rakyat-rakyat yang bermain bola di tempat umum,jalanan dan alun-alun, Paku Buwono X membuatkan stadion Sridewi yang diresmikan pada bulan Oktober 1933  lengkap dengan lampu pengerangan, sebagai imbalan atas kebangkitan sepak bola kebangsaan yang dibangun oleh PSSI.
Karena berkeinginan agar bangsa pribumi memiliki keunggulan di bidang olahraga, Ir Soeratin mendirikan ISI yng merupakan singkatan dari “ Ikatan Sport Indonesia” yang berdiri pada tahun 1938. Kemudia ISI mengadakan pekan olahraga pada tanggal 15-22 Oktober 1938 di Solo.
PSSI  pun mengalami perkembangan yang pesat baik kekuatan maupun solidaritas akhirnya NIVB berubah nama menjadi NIVU pada tahun 1936. Terjadilah kerja sama diantara mereka yang program pertamanya adalah mendatangkan tim dari Austria “ Winner Sport Club”.
Pada tahun 1938 Dutch East Indies mengikuti kompetisi Piala Dunia. Namun ada hal yang di protes oleh Ir Soeratin karena pemain yang dibawa adalah pemain yang berasal dari NIVU bukan dari PSSI awalu ada 9 orang yang berasal dari tianghoa. Sebelumnya Ir Soerotin melakukan kerja sama yang dinamakan “gentlemen’s agreement” yang ditandatangani tanggal 5 Januari 1937 di Yogyakarta untuk menentukan siapa yang ikut serta dalam Piala Dunia. Akhirnya terjadilah pemutusan kerja sama secara sepihak yang di tetapkan pada kongres PSSI tahun 1938 tersebut.
Kesebelasan Indonesia di Piala dunia tahun 1938
Soeratin mengakhiri masa kerjanya di PSSI sejak tahun 1942, setelah sempat menjadi ketua PSSI selama 2 tahun, dan terpilih kembali di tahun 1942.
Share this article :
 

+ komentar + 101 komentar

October 24, 2013 at 1:12 AM

Berita dunia sepak bola kini semakin melunjak, sepak bola menyedot perhatian kehidupan di dunia ini. Apalagi sekarang perkembangan sepak bola bisa diikuti oleh semua orang, baik di media televisi, elektronik, dan juga berita-berita bola online di internet.
Dunia bola menjadi kebutuhan semua manusia, bahkan dalam dunia judi. Dengan perkembangan internet kini bermunculan situs2 judi bola online
seperti tebak score, betting, sbobet dan lain-lain.

January 28, 2015 at 7:40 AM

sangat menarik artikelnya

February 23, 2015 at 10:20 PM

komplit sudah tugasku,terimakasih

December 28, 2017 at 3:21 PM

Yuk Mampir Di Bolacasino88.com
Dapatkan Promo Spesial Yang Kami Berikan :

- Bonus Deposit 5000
- Bonus Refferal Seumur Hidup
- Bonus Sportsbook 100%
- Full Commision Sportbook 0,35%
- Cashback Sportbook 5% - 15%
- Bonus Deposit Games 10%
- Cashback Games 5%
- Bonus Komisi Casino 0,8%

Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

- No Tlp ( +855962671826 )
- BBM ( 2BF2F87E )
- Yahoo ( cs_bolacasino88 )
- WhatsApp ( +855962671826 )

July 6, 2018 at 5:58 AM

PROMO BANDAR ONLINE MGMCASH88 :
-Bonus Depo Bola 50% (New Member)
-Bonus Cashback Bola 5% - 10%
-Bonus Depo Casino 3%
-Bonus Cashback Casino 5%
-Bonus Rollingan Casino 0.7%
-Bonus Depo Tangkas 5%
-Bonus Referal Bola 3% MenangKalah teman
-Bonus Referal Casino 1% MenangKalah teman

PROMO BONUS 5% LIVE CASINO
-SBOBET CASINO
-ION CASINO
-855 CASINO

Info lengkap hubungi live support custumer service 24 jam di :
PIN BBM : 7B2EC260
PIN BBM : D8796C4C
WHATSAAP : +66615620266
LINE : mgmcash88

Sukses Selalu
www.mgmcash88.com

August 14, 2018 at 2:48 AM


bolavita,pw kerja sama untuk pasaran bola asian games 2018

melihat skor bola asianbookie
membaca pasaran olahraga asianbookie bandar

http://agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/7805161-pasaran-asianbookie-asian-games-2018-jakarta-palembang

October 13, 2018 at 8:04 PM

terima kasih informasinya min jangan lupa diakses ya Nonton Streaming Bola

November 9, 2018 at 11:17 AM

===> BONUS BUAT MEMBER BARU! <===

DONACOPOKER merupakan online web judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para player dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

=== 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-bermain-kartu-remi/
https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/rumus-permainan-ceme-online/
https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/promo-freechip-bulan-september/

Ayo daftar sekarang di DonacoPoker.net

November 19, 2018 at 11:50 PM

BOLAVITA Merupakan Situs Game Bola Online, Live Casino Dan TOGEL ONLINE TERPERCAYA Dan TERLAMA Di INDONESIA.

Permainan Yang Kami Sediakan:

* SPORTSBOOK
* LIVE CASINO
* TOGEL
* SLOT GAME
* LIVE NUMBER
* SICBO
* DRAGON TIGER
* BACCARAT
* ROULETTE
* POKER
* SABUNG AYAM
* BOLA TANGKAS
* DLL

Tentu Kami Menyediakan Promo Yang Menarik Untuk Anda Yang Bergabung Di Tempat Kita.

* BONUS REFERRAL SEUMUR HIDUP
* BONUS DEPOSIT SETIAP HARI
* BONUS SPORTSBOOK 10%
* CASHBACK SPORTSBOOK HINGGA 7%
* CASHBACK GAMES 10%
* BONUS TURN OVER ROLLINGAN CASINO 0,7%

Untuk Info Yang Lebih Jelas Nya Silahkan Langsung Hubungi CS Kita Yang Online 24 Jam.

Boss Juga Bisa Kirim Via :
Wechat : Bolavita
WA : +6281377055002
Line : cs_bolavita
BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

February 26, 2019 at 11:51 AM

harga karpet futsal murah produk original dan bergaransi 5 tahun

March 18, 2019 at 6:56 AM

Hi boss boss,perkenalkan, Kami adalah betting house untuk sportsbook dan Livecasino.
#pendekarjudi.com# Kenapa memilih kami :
-Terpercaya se-indonesia.
-Bandar bola dengan predikat superior master sejak tahun 2008
-Melakukan proses Depo/Withdraw tercepat.
-disuport langsung dengan beberapa bank lokal terpercaya.
-cashback yang jelas dan pasti di bagikan
-bonus rolingan yang sangat jelas no tipu tipu
-Customer loyalty program dengan banyak sekali hadiah menanti anda para customer setia kami.

So.....segera hub customer service 24 jam kami,
kami siap melayani anda tamu2 Vip kami...... =)

pendekarjudi.com

dengan CS terbaik 24 jam
BBM: PEJU88
Line:PEJU88
WA: +62858-3055-8888
Livechat : pendekarjudi.com

March 20, 2019 at 12:22 PM

Winning303 Situs Judi Online Terbaik

Selmat berktivitas buat anda pengemar judi online. Anda bosan dengn rate kemenangan yang begitu kecil dari situs-situs lainnya? Itu pertanda anda harus pindah haluan ke Winning303. Karena kami menjamin kemenangan setiap member-member kami bosku.
Jadi tunggu apa lagi Hubungi kami di :
WA : +6281717177303
atau langsung di Livechat kami di www(titik)winning303(titik)net

Winning303

March 24, 2019 at 3:59 AM

bagi penggemar sepak bola wajib kunjungi bursa sepak bola karena setiap hari memberikan free tips mix parlay..

March 26, 2019 at 6:27 AM

Hi boss boss,perkenalkan, Kami adalah betting house untuk sportsbook dan Livecasino.
#pendekarjudi.com# Kenapa memilih kami :
-Terpercaya se-indonesia.
-Bandar bola dengan predikat superior master sejak tahun 2008
-Melakukan proses Depo/Withdraw tercepat.
-disuport langsung dengan beberapa bank lokal terpercaya.
-cashback yang jelas dan pasti di bagikan
-bonus rolingan yang sangat jelas no tipu tipu
-Customer loyalty program dengan banyak sekali hadiah menanti anda para customer setia kami.

So…..segera hub customer service 24 jam kami,
kami siap melayani anda tamu2 Vip kami…… =)

pendekarjudi.com

dengan CS terbaik 24 jam
BBM : PEJU88
Line: PEJU88
WA: +62858-3055-8888
Livechat : pendekarjudi.com

March 29, 2019 at 6:46 AM

Hi boss boss,perkenalkan, Kami adalah betting house untuk sportsbook dan Livecasino.
#pendekarjudi.com# Kenapa memilih kami :
-Terpercaya se-indonesia.
-Bandar bola dengan predikat superior master sejak tahun 2008
-Melakukan proses Depo/Withdraw tercepat.
-disuport langsung dengan beberapa bank lokal terpercaya.
-cashback yang jelas dan pasti di bagikan
-bonus rolingan yang sangat jelas no tipu tipu
-Customer loyalty program dengan banyak sekali hadiah menanti anda para customer setia kami.

So.....segera hub customer service 24 jam kami,
kami siap melayani anda tamu2 Vip kami...... =)

pendekarjudi.com

dengan CS terbaik 24 jam
BBM : PEJU88
Line: PEJU88
WA: +62858-3055-8888
Livechat : pendekarjudi.com

May 7, 2019 at 8:49 AM

MAJUTOTO
Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
hanya di sini JP berapapun di bayar.
discount 29%/59%/66%
Banyak Promo Menanti Anda!
* Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
* Bonus Next Deposit 5%
WA : +6282272437922
LINE : @majutoto
LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

May 15, 2019 at 1:29 AM

BOLA206 - BANDAR MIX PARLAY DAN AGEN BOLA ONLINE TERPERCAYA DAN TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.

Agen Sbobet

Agen Resmi Sbobet

Prediksi Bola dan Togel.

Berita Bola

Berita Viral

Brita Tranding

May 18, 2019 at 10:43 AM

numpang promo yahh
AGEN POKER INDONESIA TERPERCAYA BERKELAS PREMIER, EDENPOKER Kini hadir untuk Anda Yang Ingin Menghasilkan Jackpot Terbesar Di Dalam Permainan Poker, Bandar Ceme, Ceme Keliling, Domino QQ, Capsa Susun, Omaha & Super Ten ! MINIMAL DEPOSIT HANYA 15 RIBU !
Daftar & Raih Bonus Besar Kami :
- Bonus New Member 10.000
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Turn Over 0,5%
- Bonus Referral 10% Seumur Hidup !
Hubungi Customer Service Kami & Add Kontak - Kontak Kami Di Bawah ini :
=> BBM : eden88
=> HP/WA : +855-7863-3569
=> Line : edenpoker
=> Link Alternatif : www,edenpoker,xyz & www edenpoker bet

May 20, 2019 at 3:37 AM

BONUS FREECHIP HARIAN!

CemePoker ialah peserta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan bermacam banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai delegasi judi poker bersama rating win tertinggi.
cemepoker menjamin 100% keamanan seluruh membernya berulang pemain Poker hamba dipastikan 100% Player VS Player.
jangan sampai ceroboh nantikan balasan menarik tiap-tiap bulannya dan kompensasi referal sama tua hidup

https://www.pokerceme.org/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

Ayo join sekarang hanya di cemepoker.biz

May 21, 2019 at 12:27 PM

Bosan tidak punya penghasilan lebih? coba main di Àgens128
banyak bonus dan keuntungan yang bisa didapatkan disini.
dengan deposit minimal hanya 10rb untuk poker dan 50 untuk permainan menarik lainnya. bisa juga melalui aplikasi OVO serta banyak game menarik yang ada disini
tunggu apa lagi, buruan join bersama kami sekarang juga.

Contact Kami :
BBM : D8B84EE1 / AGENS128
Line id : agens1288
WhatsApp : 085222555128

June 7, 2019 at 3:50 AM

pagi ijin promo yahhh
EDENPOKER adalah situs judi game online terbaik dengan ranting kemenangan terbesar yang pernah ada di indonesia.
Kartu bagus,mudah menang dan banyak bonus.
Pendaftaran dapat dibantu ! Proses Depo Wd cepat dan aman,
Dapat dimainkan di HP / Smartphone kesayangan anda loh...
GUDANG PROMO IDN POKER
Agen Bandar Poker Terpercaya
Bandar Poker IDN
Poker IDN Terbaik
Agen Judi Uang Asli
Agen Judi Terbaik Di Indonesia
Agen Judi Deposit Murah
Info Poker IDN Terbaik

June 12, 2019 at 7:10 AM

BANDAR MIX PARLAY TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.
Join US ! klik link di bawah ini ?

Bandar Bola

Slot

Casino Online Terpercaya

togel online

poker

HOT PROMO :
Bonus Deposit 10% Setiap Hari (max 200 rb) Minimal TO 2x
Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
Bonus Rollingan Casino 0.8%

Diskon Togel :
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

Line : ligaidola88
IG : CsLigaIdola
Twitter: @CsIdola
Wa : +62 822 3327 8790

June 17, 2019 at 1:50 AM

Selamat datang di JAGDOMINO situs permainan kartu online uang asli terpercaya tanpa admin, tanpa robot, 100% member vs member. Dengan minimal deposit Rp 15.000 Minimal Penarikan Dana Withdraw Rp 30.000 Anda bisa memainkan 8 permainan kartu terpopuler :

BANDAR POKER
POKER
BANDAR Qiu
DOMINO99
BANDAR66
SAKONG
ADU Qiu
CAPSA SUSUN

Pastikan Anda login hanya melalui situs resmi kami di :
www(.)Jago288(.)com

Untuk setiap pertanyaan & permasalahan seputar permainan ataupun transaksi deposit & withdraw, Anda bisa menghubungi JAGODOMINO melalui kontak resmi berikut:

* LIVECHAT Jago288(dot)net
* PIN BBM : Jago288
* WA : +855964380085
* LINE : Jago288

Main & Menangkan Permainan Kartu Favorit Anda Dan Raih Bonus Cashback 0,5% Sebanyak-Banyaknya bersama Jagodomino...Yang Terbaik Untuk Anda!

>>> Member Jagodomino Prioritas Utama Kami <<<

( 🏆🏆🏆 Salam Jackpot Jagodomino 🏆🏆🏆 )

July 25, 2019 at 7:36 AM

Terima kasih min informasinya ... Salam Satu Hobi dan Sukses Selalu ya gan !
Update terus gan artikelnya ... sangat bermanfaat untuk banyak orang ..

Sekilas Info Sepakbola : Bolanewsports.com Indonesia, Maurizio Sarri harus menelan pedihnya kekalahan di pertandingan perdana jadi pelatih baru Juventus. Ketika menghadapi Tottenham Hotspur di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (21/07/2019) dalam arena International Champions Cup (ICC) mereka kalah 2-3.

Tand-tanda kekalahan Juventus sebenarnya telah kelihatan pada babak pertama berlangsung. Ini tidak terlepas dari kesuksesan Erik Lamela yang berhasil cetak gol untuk Tottenham yang mengawali keunggulan pertama pada menit ke-31. Baca Selengkapnya di : https://bolanewsports.com/laga-perdana-yang-pahit-bagi-pelatih-baru-juventus-maurizio-sarri/

S128 | SV388 | KUNGFU CHICKEN

Slot Deposit Via LinkAja | Sabung Ayam Deposit Via LinkAja | Taruhan Bola Deposit Via LinkAja

July 28, 2019 at 2:19 AM

Ini dia bisnis paling menguntungkan dengan modal paling murah untung nya banyak! cuma daftar di situs kami dan dapatkan id pro untuk bisa jadi pemenangnya dijamin menang banyak!

www.jurusqiu.info

jadilah pemenang di situs kami! modal paling murah menangnya gampaaanngg! daftar disini ya gratis!

July 29, 2019 at 12:27 PM

Selamat datang di situs Bolavita, kami adalah salah satu Agen Taruhan Terbesar untuk Produk-produk taruhan seperti Sabung Ayam, Judi Bola Sportsbook, Casino Online, Tangkas dan Togel di Indonesia. Visi kami adalah untuk menjadi salah satu Agen Bola dan Sabung Ayam Terbesar secara online khususnya di Indonesia, oleh sebab itu Misi kami adalah memberikan pelayanan terbaik meliputi pendaftaran, pengisian dan penarikan saldo akun kepada para member kami yang setia dan juga para calon member-member kami.

» Bolavita Judi Bola Casino Sbobet
» Bolavita Sabung Ayam S128
» Bolavita Togel Online
» Bolavita Slot Online
» Bolavita Casino Online

Hubungi Kontak Bolavita Sekarang Juga :
WhatsApp (WA) : +62-812-2222-995
Line : cs_bolavita
Wechat : @bolavita
Telegram : @bolavitacc


Prediksi Bola | Prediksi Bola Liga Inggris | Prediksi Bola Liga Spanyol | Prediksi Bola Liga Itali

July 30, 2019 at 5:30 PM

info yang sangat bagus
yalla shoot

August 12, 2019 at 3:07 PM

Ayu gabung sekarang juga bersama kami di situs S128Cash.
S128Cash merupakan sebuah Situs yang sudah lama berdiri yang menyediakan jasa permainan Games Online yang Terpercaya dan Teraman. Kini S128Cash hadir dengan memberikan berbagai macam PROMO BONUS seperti :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS FREEBET 200rB
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

Jika Anda semua mencar Situs Bandar Game Online Terpercaya dan Teraman disinilah tempatnya.
Jadi, di tunggu ya kedatangan dan Daftar S128 Anda bersama kami.
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami lewat :
- Livechat : S128Cash
- WhatsApp : 081910053031

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

August 13, 2019 at 12:42 AM


Masih bingung mencari gameonline TERPECAYA dan AMAN
Hanya di AGENS128 yang menawarkan begitu banyak PROMO dan BONUSS!!
Menangkan Puluhan hingga Ratusan juta!! Ayo join sekarang dengan Agens128!
Penasaran langsung saja klik link dibawah ini :
LINK ALTERNATIF SBOBET
SBOBET ALTERNATIF
LOGIN SBOBET
LINK SBOBET
SABUNG AYAM ONLINE
ADU AYAM
CASINO ONLINE
POKER DEPOSIT PULSA
DEPOSIT PULSA POKER
DEPOSIT PULSA
Info lebih lanjut bisa hubungi contact di bawah ini :
website : AGENS128
WhatsApp : 085222555128

August 14, 2019 at 5:54 PM

TRADING FOREX ONLINE
Penarikan paling Tercepat
Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
1. Teregulasi di FCA
2. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
3. Waktu ekspirasi 30 detik
4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
5. Deposit & Penarikan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami DetikTrade

Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
WA : 087752543745

August 24, 2019 at 2:41 AM

Di situs Judi Online dari KAPAL JUDI
Dengan 1 user ID Anda bisa Bermain Banyak Games yang menghasilkan Uang dengan gampang!

Gabung Dan daftarkan sekarang Juga.!! Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin Comment nya ^_^
Kunjungi Situs Taruhan Bola | Togel | Poker | Domino | Tangkas|Casino
?
JUDI BOLA
?
JADWAL BOLA
?
PREDIKSI BOLA

Mainkan Sekarang Juga, DI Situs Judi Online Terpercaya Indonesia.!!
Cukup dengan 1 User ID sudah bisa bermain Banya games loh!! :)

? Minimal Deposit Rp 50.000
? Minimal Withdraw Rp50.000

?
Telegram : @KAPALJUDI
Instagram : @kapaljudi88
Twitter : @KapalAsia88
Line : Kapaljudi
WHATSAPP : +85515378728
>> www.kapalasia .com <<
Jangan tunda Kesempatan Emass di depan mata!!
Transaksi Aman Dan Terpercaya.!!
Minimal Depo & Wd cuman 50ribu !!

Chat & Gabung Sekarang Juga.!!
WHATSAPP : +85515378728

August 31, 2019 at 9:52 AM

BOSAN KALAH MULU ? SEGERA GESER KE ZEUSBOLA

Hanya Dengan 1 Userid Sudah Dapat Bermain Berbagai Jenis permainan Yang Tersedia.

Menerima Deposit Via :
• DEPOSIT VIA ALL BANK LOKAL INDONESIA
• DEPOSIT VIA OVO
• DEPOSIT VIA TELKOMSEL
• DEPOSIT VIA XL/AXIS
• DEPOSIT VIA GOPAY
• DEPOSIT VIA LinkAja
• DEPOSIT VIA DANA

Jangan Tunggu Lagi, Daftar Sekarang Juga Bersama Agen Resmi Zeusbola Di Indonesia

DAFTAR AKUN ZEUSBOLA http://104.248.148.252/register

Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

Contact Person Us :
Link : Www.zeusbola.win
Whatsapp : 0813 3355 5996
SMS : 0813 3355 5996

Link Alternatif ZEUSBOLA :
http://104.248.148.252/
Zeus Bola

Daftar Judi Online Deposit LinkAja Tcash
http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
Sabung Ayam Deposit LinkAja – S128 LinkAja


Poker Pulsa
Judi Poker Pulsa
Slot Pulsa
Judi Slot Pulsa

Kujungi Juga :


https://medium.com/@marketingzeusbola/daftar-s128-via-whatsapp-zeusbola-93a6c3a7ccd1

September 3, 2019 at 3:20 AM

Promo Yang berlaku Di www.ligabintang88(dot)net :
HOT PROMO :

- Bonus Deposit 10% (max 100 rb) Minimal TO 3x
- Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
- Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

Diskon Togel :
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

Silakan Add WHATSAPP CS Yah Bossku

WA CS1 : +62 822 2945 7557

Silakan Bossku^^

September 23, 2019 at 7:28 PM

2betasia Merupakan Situs Judi Bola terpercaya

October 11, 2019 at 5:56 AM

Yuu di baca juga info dari BERITA SEPAKBOLA TERKINI

October 18, 2019 at 2:46 AM

Takut Menang Banyak Tidak Dibayar ??

Bergabung Bersama Kami Di Bola206 Situs Betting

Online Terpercaya dan Sudah Berpengalaman Dengan

Transaksi Besar.

Menang dan Dapatkan Hadiahnya !!

- Bonus Deposit New Member 10 %
- Bonus Deposit Harian 5%
- Bonus Rollingan Casino 1 %
- Bonus Cashback Sportbook dan Sabung Ayam 5 %
- Bonus Referral 2,5 %

Kunjungi Situs Kami Di www,indo206,net
No WA : 081363191417
Line Messenger: agenbola206

Tersedia Bank

- BCA
- MANDIRI
- BNI
- BRI
- DANAMON

ALL BANK ONLINE 24 JAM

Situs Taruhan Bola, Live Casino, Sabung Ayam, Slot

Game Gampang Menang Hanya Di

Bola206

October 19, 2019 at 4:22 AM

Agen Sbobet
Agen Resmi Sbobet
Sabung Ayam
Casino Online
Berita Bola
Berita Viral
Brita Tranding

Berikut HOT PROMO Yang Ada Di Bola206, antara lain :

Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SPORTBOOK
Bonus ROLLINGAN 1% untuk permainan CASINO
Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SABUNG AYAM
Bonus Referral 2.5% untuk permainan SPORTBOOK
Bonus Referral 2,5% untuk permainan SABUNG AYAM

SITUS BETTING ONLINE YANG AMAN DAN TERPERCAYA
WWW,INDO206,NET

DENGAN 1 USER ID ANDA DAPAT BERMAIN DI SEMUA GAME KAMI
SPORTBOOK/LIVECASINO/SABUNGAYAM

Minimal DP & WD 50RB
Proses DP & WD HANYA 2 MENIT

AGEN BETTING ONLINE YANG SUDAH
PASTI DAN JELAS TERPERCAYA.
WWW,INDO206,NET


( Via Live Chat ) Respon Cepat
Costumer Service 24 Jam Online

Line ID : agenbola206
IG : @bola206hq
FB : Bola206_Official
WA : +6281363191417


Ditunggu Kehadirannya Di Bola206 :)

October 30, 2019 at 9:55 AM

KAPAL ASIA (KAPAL JUDI)

HOT PROMO :

- Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
- Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
kami siap membantu bosku 24jam :)
di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^

WA: +855 1537 8728 KAPALJUDI
Fanspage : Kapal Judi Faigk
IG : kapaljudi88
Www Kapaljudi88 Net

November 3, 2019 at 3:40 PM

mantap min sejarahnya numpang promo ya min Berita Bola Terupdate

November 17, 2019 at 7:23 AM

Berulang kembali Manchester United (MU) Kumpulkan dana untuk Dapatkan Pemain Bintang yang berkualitas Penuh Baca Dan simak artikel dibawah ini Apa-apa saja yang diingikan (MU)

Manchester United Siapkan Dana, Untuk Dapatkan Pemain Berkualitas, Pada Bursa Transfer Tahun Depan

November 18, 2019 at 7:41 AM

Chris Smalling, Diincar oleh AS Roma Dengan nominal Ayok baca artikel Tersebut ketahui berapa Harga tarif Pemain Mudah Berbakat ini


AS Roma Ingin Miliki Chris Smalling, Berapakah Tarifnya??

November 20, 2019 at 11:26 AM

makasih infonya, bermanfaat bgt kebetulan ane penggemar sepak bola dan suka bgt permainan sepak bola

November 20, 2019 at 11:32 AM

Situs Judi Online | Agen Slot Game | Bola88 SBOBET Online - Piala88


🏆 PIALA88 🏆
Situs Judi Online | Agen Slot Game | Bola88 Online | SBOBET | Poker Online
👑 10 PROVIDER SLOT TERBAIK 👑

👑 TTG | PRAGMATIC | HABANERO | PLAYSTAR | REDTIGER | SPADEGAMING | ISOFTBET | MICROGAMING | GAMEPLAY | FISHING GAME 👑

BONUS & PROMO DEWA2D :
🥇 BAGI - BAGI HADIAH 10K CHIPS
🥇 BONUS CASHBACK SEBESAR 8% UNTUK SPORTBOOK
🥇 BONUS ROLINGAN SLOT 0.8% SETIAP MINGGUNYA
🥇 BONUS ROLLINGAN POKER 0.3% SETIAP MINGGUNYA

⚜ Tersedia 10 Provider Resmi Slot
⚜ Tersedia 16 Game Live Casino
⚜ Minimal bet Rp 1.000 rupiah
⚜ Sangat cocok untuk pemain invest karena ada promo bonus deposit dan cashback
⚜ Menerima Deposit via Pulsa

📞 Info & daftar hub cs online 24 jam di :
✅ Livechat : Http://piala1.com | Http://piala88.com
✅ Whatsapp : +855-815-428-28 (Kamboja)

judi bola88 online | judi bola88 panduan | judi bola88 link alternatif | bola88 judi bola | master judi bola88 |
bandar judi bola88 | situs judi bola88 | agen judi bola88 | judi bola 88 bank bri | judi bola bet 88 | judi bola 88 piala dunia | cara daftar judi bola 88 | cara deposit judi bola 88 | download judi bola 88 | cara main judi bola 88 | mm 88 judi bola | cara mendaftar judi bola 88 | cara memasang judi bola88 | cara menang judi bola88 | judi bola88 terpercaya | prediksi judi bola88 | cara pasang judi bola88 | cara bermain judi bola88 | judi bola 88apk | judibola 88 | |

Piala88 Adalah Situs Agen Bola88 SBOBET Terpercaya Indonesia

November 26, 2019 at 5:29 AM

Hai kakak , perkenalkan kami lotto03 Adalah Salah Satu Agen kasino Dan Togel Online Terbesar Dan Terpercaya Di Indonesia

Berikut LIVE GAMES CASINO di LOTTO03

Roulette Fast
Monopoly
Baccarat
Dragon / Tiger
24D
24Dspin
12D
Roulette
Oglok
Sicbo[Dice]
Dice 6
Head Tail
Red White
Billiards
Poker Dice
Gong Ball
Suwit
NIU NIU
IDN 4 STAND
FANTAN GAMES

4 PASARAN TOGEL

- SYDNEY
- SINGAPORE
- HONGKONG
- TOTO MACAU

jangan pernah ragu dengan lotto03 kami sudah 7 tahun kemenangan berapapun kami bayar bosku semua..
Untuk promo bonus di lotto03 sangat banyak bosku biar info lebih lengkap bosku bisa ADD nomor WHATSAPP dan LINE kami ya bosku semua..

Info Lebih Lanjut Silahkan Add

** Wa : +6281285979785

** LINE : LOTTO03JOSS

UNTUK LINK BERMAIN LOTTO03
WWW*ANGKALOTTO*ORG
WWW*ANGKALOTTO*NET
WWW*ANGKALOTTO*INFO
(TANDA BINTANG DI GANTI DENGAN TANDA TITIK BOSKU SEMUA)

November 27, 2019 at 1:36 AM

artikelnya bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Baca juga artikel ini Berita Bola Terbaru

December 10, 2019 at 2:08 AM

Live Casino Winning303 Hadirkan Permainan Casino Kelas Dunia
Permainan Populer Dunia Semua Kami Hadirkan Disini Seperti :
-Baccarat
-Dragon Tiger
-Sic Bo
-Roulette
-Bull Fight
-Fish Prawn Crab
-Black Jack
-Super Fantan
-Super Hi-Lo
-Super 3 Picture

Jangan Sampai Ketinggalan Ya...
Dapatkan Bonus New Member 20% Langsung...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Poker
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Hubungi Kami di :
Customer Service 24 Jam
WA: +6287785425244

December 13, 2019 at 4:51 AM

artikelnya bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Baca juga artikel ini Berita Bola Terbaru

December 20, 2019 at 5:25 AM

Winbet368 : Agen Judi Bola Online | Bandar Sbobet | Agen Sbobet Online yang menyediakan permainan Sbobet, Sbobet Casino, Cmd368, MaxBet / IBCBet, GD88, Clasic Games, CROWN855, Sabung Ayam dan berbagai macam GAMES JUDI ONLINE TERBAIK.

Promo Bonus dengan Kode : WINBET2020

- Special Bonus Deposit NEW MEMBER 20%
- Bonus Old Member Deposit 10%
- Bonus Cashback Up 13% ( Sportbook & Sabung Ayam S128 )
- Bonus Rollingan 1% ( Casino Games )
- Bonus Refferal Khusus 2.5% Bagi Anda yang Ajak Teman2 bermain di Winbet368.com

Yuk langsung saja kunjungi website kami di :
WINBET368
WINBET368
Bandar Sbobet
Agen Sbobet Online
Agen Judi Bola Online

* WA : +855 96 402 3541
* Line : WINBET368
* IG : Winbet368

Salam sukses dari Winbet368

January 8, 2020 at 5:26 PM

PROMO NEW MEMBER 15%

Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di kantor cabang judi online yang bertaraf International, sungguh dan terpercaya hanya di poker pulsa.

Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.


https://bolazeus.site/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://bolazeus.site/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

promo sabung ayam

Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
link alternatif zeusbola
zeusbola livechat

Ayo daftar sekarang di Zeusbola

February 1, 2020 at 12:24 PM

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

February 14, 2020 at 3:03 AM

Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-14-februari-2020/

https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-23-februari-2020/

INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

Agen Togel BOLAVITA
BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
2D = 29,25%
3D = 59,25%
4D = 66%

PERMAINAN TOGEL Isin4D :
2D = 30%
3D = 59%
4D = 66%

Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

Boss Juga Bisa Kirim Via :
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita

February 27, 2020 at 3:02 PM

berita keren. salam dari agen slot dan dingdong online slot2d.com.

March 1, 2020 at 11:25 PM

AYO BURUAN BERGABUNG BERSAMA KAMI SEKARANG JUGA !!!
Menangkan PULUHAN JUTA RUPIAH DISINI BOSS !!!
Agen ZEUSBOLA YANG TERBAIK DAN TERPERCAYA Sedang Mengadakan PROMO dan BONUS MENARIK!!!!

*SPORTSBOOK
*LIVE CASINO
*IDN LIVE
*IDN POKER
*SLOT GAMES
*TEMBAK IKAN
*JOKER123
*SABUNG AYAM
*TOGEL ONLINE

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank DANAMON

Bank MANDIRI


Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
Bonus New Member 15%
Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
Bonus Rollingan Up To 0.6%
Bonus Harian 10%
Bonus Reward

Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

Alamat Situs Alternatif :
http://zeusbola.club/
http://zeusbola.site/
http://zeusbola.best/

Kontak ZEUSBOLA :
Whatsap : +62 813 3355 5996
LINE : ZEUSBOLA
TELEGRAM: t.me/zeusbola

Daftar Agen Judi Bola Deposit 25 Ribu

March 4, 2020 at 8:00 PM

POKERVITA - POKER ONLINE | BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER Situs Indonesia yang menyediakan berbagai layanan tranasksi yang modern dan kekinian. Menyediakan layanan Deposit Pulsa yang hits saat ini dan berbagai aplikasi E-money OVO, Gopay, Dana serta Linkaja yang sedang panas-panasnya di incar bettor.

Promo bonus besar-besaran Pokervita
* Promo Harian
* Promo Mingguan
* Promo Bulanan

9 Games Dalam 1 Akun
* ADU Q
* BANDAR POKER
* BANDAR Q
* CAPSA SUSUN
* DOMINO 99
* POKER ONLINE
* SAKONG
* BANDAR 66
* PERANG BACCARAT (NEW)

Judi Poker Online
Texas Holdem Poker
Bandar Sakong Online

BACA JUGA :
Poker Deposit Pulsa Bebas Robot
Game Poker Via Pulsa 15000
Waktu Keberuntungan Bermain Judi Solusi Buat Menang

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

March 4, 2020 at 8:01 PM

Untuk dana transaksi anda sudah kami proseskan ya bosku :)
Silakan dicek bosku
Terima kasih

March 5, 2020 at 7:27 PM

slot game dari jokerwin123 memang banyak orang suka mainkan

March 13, 2020 at 12:12 AM

Museum Poker

BONUS DEPOSIT UNTUK NEW MEMBER 20%
POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY

Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

March 13, 2020 at 1:23 PM

Kami adalah bandar judi terbesar dan terpercaya di indonesia,kami selalu mengutamakan dan kenyamanan pemain kami,hanya 1ID bisa bermain semua permainan di situs kami,
Yang hobby taruhan bola,kami menyediakn semua jenis permainan bola,dri sepakbola,voly,batminton dll
Untuk permainan Casino kartu semua ada permainan yg anda inginkn.
*member baru bonus 20%.
10% bonus depo selnjutnya.
*bonus 5% referal seumur hidup.
*bonus cashback 0,2% permainan Hogaming.
* ada juga tournament berhadiah uang tunai hingga 500jt untuk 2912 pemenang

Menerima Transaksi Deposit & Withdraw via Ovo | Pulsa & Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia
Untuk Pendaftaran bisa chat di WA kami dan kunjungi dan klik link di bawah ini:
No wa :+855889679569
Wechat:bengkelhoki
Fb :@bengkelhoki.id
Line :bengkelhoki

Klik link kami di bawah ini
Https://bit.ly/3c2AEM5

March 14, 2020 at 12:24 AM

Museum Poker

BONUS DEPOSIT UNTUK NEW MEMBER 20%
POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY

Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

March 18, 2020 at 1:30 PM

Berita dan Informasi menarik tentang Sepak Bola terkini Gabung Disini untuk dapat update serta informasi terbaru mengenai Sepakbola >_<

March 21, 2020 at 3:05 PM

ituGol - Agen Judi Bola - Casino - Poker - Togel - Keno - Tangkas - Slot - Domino

1 User ID Untuk Semua Permainan :

• Sportbook
• Live Casino
• Poker
• Togel
• Tangkas
• Sabung Ayam
• Slot Games
• Tembak Ikan

Yukk tunggu apa lagi !

Daftar Gratis & Mainkan Games Online Bersama ituGol.

► HANYA 50ribu Sudah Bisa Bermain Semua Permainan
► Berbagai Macam Bonus Yang Bisa Anda Dapatkan
► Customer Service 24 Jam Nonstop
► Tersedia Deposit Melalui Berbagai Macam cara
• OVO, Go-Pay, Dana, Doku, Link Aja & Sakuku, Deposit Melalui Pulsa XL / Telkomsel , Semua Bank Lokal Indonesia

► Hubungi Kami di

🎲 Line : itu.Gol
🎲 Telegram : +855.9394.7469
🎲 Whatsapp : +855.9394.7469
🎲 Link Resmi : www. Miminkartika .com
🎲 Instagram : official_ituGol
🎲 Livechat : Livechat ituGol

March 22, 2020 at 2:36 PM

Mau bermain poker menggunakan Dompet eletrik???
OVO,DANA,GOPAY & PULSA????

mari bergabung dengan kami
Bersama Donaco Poker

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

March 24, 2020 at 12:46 AM

Selamat datang di Situs Judi Online Terlengkap & Terpercaya No.1 di Indonesia. Disini Ada Game Sportsbook yang baru Lohh namanya song88, sbobet, dan TFGaming.
Temukan Hoki Anda di game Sportsbook dan menjadi jutawan bersama ZeusBola.

Game SPORTS ZeusBola

Situs Game SPORTS Pulsa

Deposit Game SPORTS Via OVO

Deposit Game SPORTS Via GOPAY

Deposit Game SPORTS Via LINKAJA

Deposit Game SPORTS Via Tcash

Deposit Game SPORTS Via DANA

May 15, 2020 at 6:16 PM

Sukses Menentukan Pilihan Tim Dalam Taruhan Sepak Bola Yuk Gabung Disini aja.. Penuh Dengan Kejutan Bonus Berlimpah Setiap Hari!!!

May 30, 2020 at 8:58 PM

EBOBET Situs Agen SLOT ONLINE Terbaik dan Terpercaya 2020
Minimal deposit 10ribu

Bonus yang tersedia saat ini :
Bonus New member SPORTBOOK 100%
Bonus New member SLOT GAMES 100%
Bonus New member ALL GAMES 20%
Bonus Setiap Deposit 3%
Bonus Cash back 5% UP 10%
Bonus Rollingan Live Casino 0,8% - 1%
Bonus Kemenangan beruntun Sportbook
Bonus Event Mix Parlay
Bonus COMBO Mix Parlay

Bisa via pulsa, dana, gopay dan ovo
Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi :
Situs : EBOBET
𝚆𝙰 : : : +855 967 598 801

July 18, 2020 at 11:23 PM

mantaf gan blog nya sangat lengkap yalla shoot

August 30, 2020 at 4:06 PM

padahpa muhammad rapli

December 4, 2020 at 8:04 PM

00.55 WIB AC Milan vs Celtic Link Live Streaming

00.55 WIB LASK Linz vs Tottenham Link Live Streaming

03.00 WIB AS Roma vs Young Boys Link Live Streaming

03.00 WIB Arsenal vs Rapid Wien Link Live Streaming

April 28, 2021 at 3:10 AM

CLUB388CASH SITUS SLOT ONLINE & LIVE CASINO ONLINE INDONESIA TERPERCAYA 2021

Situs Slot Online Indonesia
Slot Online Deposit Pulsa
Sabung Ayam Terpercaya 2021

CLUB388CASH adalah situs judi slot online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
Bonus New Member 10%
Bonus Harian 5%

Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
Minimal Deposit Rp.10.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000.-

Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

KONTAK :
WhastApp: 0819-1005-3031

July 20, 2021 at 12:58 AM

BOLAVITA Agent 1 user ID untuk semua permainan

Mari join bersama kami GRATIS kawan

Info hub
WA:0812 2222 995

August 25, 2021 at 2:53 PM

Mainkan Slot Online, Togel Online, Fishing & Live Casino Hanya Di #NADA4D.
Situs Judi Togel Dan Game Slot Online Terpercaya.

*Minimal Betting Togel 500 Rupiah.
Tersedia 10 Pasaran Togel Terkenal, seperti
- Pasaran HK Siang
- Pasaran SG Metro
- Pasaran Sidney
- Pasaran Malaysia
- Pasaran Singapore
- Pasaran Singapore 45
- Pasaran Malaysia Siang
- Pasaran Macau
- Pasaran Qatar
- Pasaran Hongkong

* 5 Provider Slot Terbesar.
- Pragmatic Play
- Habanero
- Spade Gaming
- TopTrend Gaming
- Joker Gaming

* Live Casino
- ION Casino
- Pragmatic Play
- Sexy Gaming
- All Bet
- IDN Live

Dan Permainan Tembak Ikan Yang Sangat Menarik.

*Tersedia Promo
1. BONUS NEW MEMBER UP TO 30%.
2. CASHBACK KEKALAHAN LIVE CASINO UP TO 10%.
3. BONUS ROLLINGAN TEMBAK IKAN & SLOT GAMES 0.8% DIBAGIKAN SETIAP HARI SELASA.
4. CASHBACK KEKALAHAN TOGEL UP TO 1%.
5. PROMO FREEBET / FREECHIPS SETIAP BULANNYA.
6. BONUS CASHBACK HARIAN 5%.
7. EVENT BONUS DEPOSIT HARIAN 5.000 ( HANYA UNTUK PERMAINAN SLOT ) .

Contact :
Whatsapp : +62819-5885-3905
Link : Nada4D . Online
Link IP : 128 . 199 . 250 . 188

August 26, 2021 at 8:14 AM

Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
[url=https://zeusbola.mypixieset.com/][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
Deposit Pulsa Dari 10RB
Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

23Necib
October 1, 2023 at 7:23 PM

Konya
Kayseri
Malatya
Elazığ
Tokat
F8N

DataMatrixMagician
October 3, 2023 at 8:34 PM

sakarya
elazığ
sinop
siirt
van
LSAMAR

AstralCodeSorcerer
October 3, 2023 at 9:34 PM

sinop
sakarya
gümüşhane
amasya
kilis
H38MB

BinaryPioneer42
October 3, 2023 at 10:16 PM

adıyaman
sakarya
yalova
tekirdağ
amasya
F80V0H

NeonStormPirate256
October 9, 2023 at 5:58 AM

görüntülüshow
ücretli show
F25İ

AA91FChristopherA401D
February 1, 2024 at 6:09 AM

57728
raydium
arbitrum
arculus
shiba
quickswap
trust wallet
poocoin
zkswap
eigenlayer

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Itu Indah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger