Jaringan Terpusat (Host Based Network)


JARINGAN TERPUSAT terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubun ke komputer induk (host).Komputer induk berisi data dan aplikasi dan melaksanakan hampir semua pengolahan data.Terminal dalam jaringan terpusat dapat berupa dumb terminal (terminal bisu), yaitu terminal yang tak memiliki alat pemroses data
Jaringan terdistribusi
JARINGAN TERDISTRIBUSI terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat.

MAU YANG PASTI-PASTI??? KLIK SINI GAK BAKALAN NYESEL
A.      Pengolongan Jaringan Berdasarkan Hubungan Fungsional Komputer Dalam Pemrosesan Data

1. Jaringan client-server terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa komputer client.
2. Jaringan peer to peer terdiri atas beberapa terminal yang saling terhubung . Prinsipnya adalah setiap komputer dalam jaringan dapat berfungsisebagai penyedia layanan(server) sekaligus client.
B.      Penggolongan Jaringan Berdasarkan Jangkauan Wilayahnya
1          Lan                :LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal merupakan jaringan  yang cakupannya relatif sempit, terbatas pada sebuah ruangan atau  sebuah gedung dan sebuah kompleks.
2             Man              : MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan yang menghubungkan   dua atau lebih LAN tetapi jangkauannya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat.
3             Wan              : WAN (Wide Area Netwok) merupakan jaringan komunikasi data yang mencakup wilyah geografi yang luas
4             Can                : Campus Area Network(CAN) adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan 2 atau lebih LAN dalam wilayah tertentu
5             Intranet       : Intranet merupakan jaringan yang terbatas lingkup penggunaannya pada sebuah organisasi atau institusi. Intranet bersifat pribadi dan terbatas karena hanya digunakan oleh orang-orang yang berada pada organisasi tersebut
6             Internet      : Internet terbentuk dari sambungan antara jaringan-jaringan yg berada di seluruh dunia (Interconnected Network).
C.     Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya

Ø  Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Ø  Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Itu Indah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger